Recent Posts

header ads

Blok Situs Menggunakan DNS Nawala



          Internet sangat luas untuk kita jelajahi. Semua hal bisa kita temukan melalui internet. Semisal kita mencari mata pelajaran, informasi, berita apa saja akan ada pada internet. Di internet juga ada situs-situs yang tidak semestinya ada atau yang semestinya tidak ditampilkan. Di dunia yang dewasa kini banyak orang yang salah memanfaatkan intenet dengan sebaiknya. Maka dari itu diperlukan filter situs-situs tertentu yang semestinya tidak untuk diakses.
          Tujuan dilakukannya transparent dns menggunakan dns Nawala adalah agar situs atau website yang kita akses bersih dan aman dari situs-situs berbahaya seperti situs pornografi, kekerasan, perjudian, dll. Nah, untuk konfigurasinya mari kita langsung lakukan.

LAB 1 (Blokir Situs menggunakan DNS Nawala)

Langkah-langkah:
1. Masuk IP>DNS. Isikan dns nawalanya (180.131.144.144 / 180.131.145.145). Jangan lupa kita centang pada Allow Remote Requestsnya.




2. Kemudian masuk ke IP> Firewall > (+) > NAT.
Chain: dstnat, Protocol: udp (17 udp), Dst.Port: 53, Action: redirect, To ports: 53.






3. Uji coba atau pembuktiannya. Misalkan akan membrowsing www.duniajudi.com.


4. Selesai.



LAB 2 (Blokir Situs Menggunakan Transparent DNS Nawala)


          Nah, jika kita ingin memblokir situs menggunakan transparent dns nawala, untuk langkah-langkahnya sama seperti diatas. Namun, pada Actionnya lah yang membedakan yaitu untuk Action: dstnat, To address: 180.131.144.144, To port: 53. Kemudian tinggal kita Apply > OK.


Untuk checknya silahkan masuk ke browser anda, hasilnya seperti ini:


Kesimpulan
Situs atau website yang berbau negatif tidak dapat diakses.

Penutup
Sampai disini dulu ya! Cukup sekian, apabila ada salah kata ataupun itu saya mohon maaf dan semoga bermanfaat bagi semua.




Wassalamu’alaikum Wr.Wb.



Post a Comment

0 Comments