Recent Posts

header ads

Diskusi Pemantapan OSI Layer #3

Assalamu'alaikum Wr.Wb
A. PENDAHULUAN
       Pada pertemuan kali ini saya akan sharing mengenai kegiatan apa saja yang sudah saya lakukan pada hari ini. Sebelum masuk ke teknis alangkah baiknya kita memahami konsep dasarnya. Langsung saja mari kita bahas.

B. LATAR BELAKANG

  • Memahami benar mengenai OSI layer dan ingin menerapkan sesuatu hal yang berkaitan dengan OSI layer. 
C. MAKSUD DAN TUJUAN
  • Agar lebih mendalami tentang OSI layer misal, manfaatnya, perbedaan dengan TCP/IP itu apa.
  •  Dapat memahami setiap bacaan yang membahas mengenai OSI
 
D. WAKTU YANG DIPERLUKAN

  • 08.00 sampai 09.00 WIB → membaca dan memahami
  • 09.10 sampai 16.30 WIB → Tanya jawab , sharing , dan diskusi.
 E. ALAT DAN BAHAN
  • Laptop/ Pc
  • charger laptop
F. PEMBAHASAN
 Internet Topologi
       Internet Topologi → terdapat titik hitam kecil itu adalah sebuah perangkat yang terhubung kesebuah jaringan atau sering kita sebut dengan host. Nah pada sekian banyak host-host yang terhubung satu sama lain, host tersebut terhubung dengan server (titik hitam tebal). Dan pada gambar tersebut terlihat ada semacam garis lurus yang rumit, nah garis tersebut dideskripsikan sebagai media transmisinya.
OSI Layer dan Mac Address
       OSI layer → model arsitektur (perancangan) antarmuka/interface jaringan yang dikembangkan oleh ISO di Eropa pada tahun 1977.
Mac Address → pengalamatan fisik yang digunakan sebagai identitas interface hardware/ perangkat kerasnya. Mac address berupa bilangan hexadesimal (hexa = 6, desimal = 10) yang berarti sistem bilangan yang terdiri dari 16 simbol yaitu 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,A(10),B(11),C(12),D(13),E(14),F(15). Contoh bilangan hexa adalah AA:BB , jika YY:OO maka bilangan tersebut bukan hexa dan bukan mac address. Mac Address adalah alamat jaringan yang diterapkan pada lapisan data link dalam OSI yang mempresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Mac Address mempunyai panjang 48 bit (6 byte). Mac Address tidak dapat dirubah karena telah dimasukkan kedalam ROM. 
      
 Packet Header
  • Data : fakta / bagian dari fakta yang mengandung arti, yang dihubungan dengan kenyataan, simbol-simbol. 
  • Option (if any) adalah sebuah persyaratan. Misal ingin mengirim sebuah paket , maka paket tersebut harus ada persyaratannya  (beratnya, isinya).
  • 32 bit destination IP address (tujuan IP address) , misal paket yang akan dikirimkan itu pertama kali kita harus menentukan tujuan alamatnya , ingin dikirim kemana/ penentuan alamat yang akan dituju. Kenapa 32 bit ? Karena IPv4 itu ada 32 bit dibagi menjadi 4 oktet yang mana setiap oktet nilainya 8 bit.
  • 32 bit source IP address adalah sumber IP tersebut. Misal kita akan mengirim paket , paket tersebut bersumber/ berasal dari mana ? harus jelas sumber pengirimnya agar tidak tertukar.
  • Protokol adalah sebuah layanan. Diibaratkan paket tersebut akan dikirimkan melalui media transmisi apa.


IP address → sistem pengalamatan setiap perangkat yang terhubung ke jaringan (host). 
1 byte = 8 bit
Misal /24 = 11111111.11111111.11111111.00000000 → setiap oktetnya berisi 8 bit.
32 bits (4*8) = 4 byte/24 dimulai dari 0 , sedangkan /25 dimulai dari 128.
Note : 
  • Broadcast tidak dapat dipindahkan
  • Network Id digunakan untuk mengidentifikasi jaringan agar tidak tertukar. Contoh : Apakah aku dengan dirimu itu sama? (identifikasi)
  • Fungsi broadcast salah satunya digunakan untuk mengirim pesan kesemua host dalam suatu jaringan. Broadcast terletak diakhir dan nilainya selalu ganjil.
  • Gateway digunakan sebagai gerbang . Analogi gateway , misal ada ruangan 1 yang ingin terhubung( melakukan komunikasi ) dengan ruangan yang lain, maka itu harus ada pintu . Pintu tersebut digunakan untuk menentukan jalur komunikasi.

 G. REFERENSI 
       Materi Mikrotik MTCNA-05-2012 Modul BLC.

H. KESIMPULAN
       Setelah membaca dan mempelajari tentang OSI layer, banyak informasi yang dapat saya peroleh diantaranya yaitu mengerti tentang proses yang terjadi pada setiap lapisan OSI layer.
 
I. PENUTUP
       Sekian yang dapat saya sampaikan , jika ada salah kata atau gambarnya kurang jelas saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.






Wassalamu'alaikum Wr.Wb
      

Post a Comment

0 Comments