Recent Posts

header ads

Sejarah OSI Layer, Sejarah ISO , Pengenalan Data Link Layer dan Mac address

Assalamu'alaikum Wr.Wb.




A. PENDAHULUAN
    Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu 'ala asrofil ambiyai walmursalin waala alihi wasohbihi ajmain ammabadu. Hai teman-teman kembali lagi diblog saya. Nah kali ini saya akan sharing mengenai Sejarah OSI , sejarah ISO, Pengenalan Data Link Layer, Mac address.
 

B. LATAR BELAKANG
    Karena ingin memperdalam ilmu mengenai sejarah OSI layer, Data Link, Mac Address, dan sejarah ISO.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
  • Mengenal sejarah OSI Layer
  • Mengenal sejarah singkat ISO
  • Memperdalam pengenalan Data Link, dan Mac Address
D. WAKTU YANG DIPERLUKAN
     14.00 - 16.00 WIB

F. PEMBAHASAN


Sejarah OSI



       Pada tahun 70 an para staf ahli di Perusahaan software seperti Digital dan IBM dan perusahaan besar lainnya telah mengembangkan arsitektural jaringan berupa model. Hal tersebut tidak berjalan dengan baik karena perbedaan protokol dan format data yang dibuat masing-masing perusahaan/ pengembang. Sehingga pada tahun 80 an ISO (International Organization for Standardization) menyelesaikan masalah tersebut dengan menciptakan model arsitektural jaringan yang bernama OSI.
OSI adalah sebuah arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh ISO pada tahun 1977 di Eropa.


Sejarah ISO



       ISO (International Organization for Standardization) adalah badan standar internasional . ISO berasal dari bahasa Yunani yaitu isos yang berarti sama (equal). ISO didirikan pada 23 Februari 1947.  ISO menetapkan standar industrial dan komersial dunia. ISO merupakan lembaga nirlaba intenasional yang sebelumnya dibentuk untuk membuat dan memperkenalkan standarisasi internasional untuk apa saja.
       Dalam menetapkan suatu standar, mereka mengundang wakil anggotanya dari 130 negara untuk ikut bergabung dalam Komite Teknis (TC), Sub Komite (SC) dan Kelompok Kerja (WG). Peserta ISO termasuk satu badan standar nasional dari setiap negara dan perusahaan-perusahaan besar. ISO bekerja sama dengan Komisi Elektroteknik Internasional (IEC) yang bertanggung jawab terhadap standardisasi peralatan elektronik. 


Data Link




       Data link layer merupakan salah satu lapisan yang ada pada OSI Reference Model For Open Networking. Proses transmisi data yang terjadi, data link layer merupakan layer ke – 6 bagi transmitter atau pengirim data, dan merupakan layer kedua bagi receiver, atau mereka yang menerima data.
       Data link layer adalah lapisan kedua dari bawah dalam model OSI yang dapat melakukan konversi frame-frame jaringan yang berisi data yang mendeteksi kesalahan dan pentransmisian ulang terhadap frame yang gagal. Mac Address diimplementasikan / diterapkan dalam lapisan ini. Selain itu, beberapa perangkat seperti NIC, switch layer 2 serta bridge jaringan beroperasi di sini.  Frame adalah amplop elektronik yang mengandung informasi mengenai paket dan informasi lainnya dari semua lapisan dari tujuh lapisan OSI.

       Data link mempunyai tugas utama untuk menyediakan sebuah prosedur pengiriman data antar jaringan. Jadi, dengan adanya data link layer, setiap paket data yang akan ditransmisikan / akan diterima oleh user, akan diproses, sehingga memungkinkan untuk dilanjutkan ke layer berikutnya, yaitu layer network layer ataupun physical layer.
Ciri utama Data Link Layer :       Adalah bahwa data link layer secara fisik memiliki alamat tersendiri atau address yang sudah dikodekan secara langsung ke dalam sebuah network card / kartu jaringan ketika kartu jaringan tersebut pertama kali dibuat. Sering kita kenal dengan istilah MAC address. Jadi, apabila kita mendengar sebuah istilah bernama MAC Address di dalam jaringan komputer, maka hal ini sudah pasti mengacu pada ldata link layer.


 Mac Address


       Mac Address adalah alamat jaringan yang diimplementasikan pada data link dalam OSI yang mempresentasikan sebuah node (salah satu titik sambungan) tertentu dalam jaringan. Mac Address mempunyai panjang 48 bit(6 byte). Mac Address disebut juga ethernet address, physical address, hardware address. Mac Address tidak dapat diubah karena telah dimasukkan kedalam ROM. Jika Mac Address diubah maka akan terjadi konfik alamat/komputer sehingga akan timbul collision / tidak dapat saling berkomunikasi antara satu dengan lainnya.



G. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Paket_jaringan
https://osilayer.com/error-detection-dan-correction/
https://id.wikipedia.org/wiki/Alamat_MAC
https://en.wikipedia.org/wiki/OSI_model
https://id.wikipedia.org/wiki/Lapisan_taut_data

H. KESIMPULAN
     Tanpa kita sadari kita telah mengerti tentang sejarah OSI , ISO , Data Link, dan Mac Address meskipun sedikit. Kita dapat memahami proses yang terjadi ketika pengiriman data. 

I. PENUTUP
   Sekian yang dapat saya sharingkan, kurang lebihnya seperti itu. Jika ada salah-salah kata saya mohon maaf, dan semoga ilmu yang saya sharingkan dapat bermanfaat bagi anda semua.



Wassalamu'alaikumsallam Wr.Wb.


Post a Comment

0 Comments