Recent Posts

header ads

Evaluasi Mingguan

Assalamu'alaikum Wr.Wb.




A. PENDAHULUAN
    Alhamdulillahirobbil alamin washolatu wassalamu 'ala asrofil ambiyai walmursalin waala alihi wasohbihi ajmain ammabadu. Hai teman-teman kembali lagi diblog saya. Sebelumnya kegiatan yang saya lakukan seharian ini tadi adalah membaca , memahami dan presentasi. Nah kali ini saya akan  flashback kegiatan yang saya lakukan selama satu minggu ini.

B. LATAR BELAKANG
    Mengulas kembali materi yang sebelumnya sudah pernah didapatkan.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
    Memperdalam materi yang sebelumnya telah dibahas,  dan mengulas kembali agar tidak mudah lupa.

D. WAKTU YANG DIPERLUKAN
     08.00 - 16.00 WIB

E. PEMBAHASAN

KOMUNIKASI DATA

Duplex adalah istilah dalam bidang telekomunikasi yang merujuk pada komunikasi dua arah.
Cara kerja transmisi:
Simplex, full duplex, dan Half duplex
Terdapat dua metode duplexing, yakni
  • Full-duplex
  • Half-duplex

Full-duplex

Dua pihak yang saling berkomunikasi akan mengirimkan informasi dan menerima informasi dalam waktu yang sama (serempak), dan membutuhkan dua jalur komunikasi.
Komunikasi full-duplex dapat menggunakan teknik multiplexing, dimana sinyal yang berjalan ke arah yang berbeda akan diletakkan pada slot waktu (time slot) yang berbeda. Kelemahan teknik ini adalah bahwa teknik ini memotong kecepatan transmisi yang mungkin menjadi setengahnya.

Half-duplex

Half-duplex adalah sebuah mode dimana data ditransmisikan/ diterima secara dua arah tetapi tidak dapat secara serempak. Contoh paling sederhana adalah walkie-talkie dimana dua penggunanya harus menekan sebuah tombol untuk berbicara dan melepaskan tombol tersebut untuk mendengar. Ketika dua orang menggunakan walkie-talkie untuk berkomunikasi pada satu waktu tertentu, hanya salah satu di antara mereka yang dapat berbicara sementara pihak lainnya mendengar. Jika kedua-duanya mencoba untuk berbicara secara serentak, kondisi "collision" (tabrakan) pun terjadi dan kedua pengguna walkie-talkie tersebut tidak dapat saling mendengarkan apa yang keduanya kirimkan.
Lihat juga simplex.


DATA LINK
Data siap dikirim sampai didata link menjadi frame. Frame adalah amplop elektronik yang mengandung informasi mengenai paket dan informasi lainnya dari semua lapisan dari tujuh lapisan OSI.
Isi dari Frame antara lain yaitu Destination Mac (tujuan alamat), Source Mac (sumber alamat), Ether-Field ( lebih merujuk ke ether-type yang digunakan untuk mengidentifikasi ukuran frame), Packet, FCS / Frame Check Sequence (yang digunakan untuk mendeteksi kesalahan yang ditambahkan ke frame).


F. REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Duplex

G. KESIMPULAN
     Setelah saya membaca dan memahami banyak ilmu yang saya dapatkan.

 H. PENUTUP
      Sekian yang dapat saya sampaikan , kurang lebihnya seperti itu semoga bermanfaat bagi anda semua.



Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

Post a Comment

0 Comments