Recent Posts

header ads

Memproteksi RouterBoard Melalui Management User

Assalamu'alaikum Wr.Wb

A. Pendahuluan
     Hai guys, jumpa lagi dengan saya Lina Ramadhan. Pada pembahasan kali ini, saya akan membahas mengenai mengamankan Routerboard menggunakan management user.


B. Latar Belakang

     Dijaman sekarang banyak orang yang jahil ketika menggunakan RouterBoard, maupun saat login hotspot dan pada saat itu pula seseorang yang ingin mengoprek RouterBoard namun tidak menggunakan RouterBoardnya sendiri, maka orang tersebut akan masuk ke perangkat RouterBoard yang telah disetting hotspot tersebut. Maka dari itu kita harus mengambil tindakan yaitu, dengan mengamankannya melalui password. Agar tidak sembarang orang dapat masuk ke RouterBoard milik orang lain.

C. Maksud dan Tujuan

    Agar tidak sembarang orang dapat masuk ke perangkat MikroTik orang lain. Dan agar tidak mudah dihack/ dicuri data-data yang ada didalamnya.


D. Alat dan Bahan
  • Laptop
  • Kabel UTP
  • Terminal
  • RouterBoard (RB951) dan adapternya.

E. Pembahasan

    Oke sobat, kali ini saya akan berbagi mengenai mengamankan RouterBoard melalui password saat hendak login ke tampilan Winbox. Tak usah menunggu lama lagi, mari kita coba sekarang.
Langkah-langkah:
1. System > Users.

2. Klik tanda (+) maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini:



Pada kotak New User isi name sesuai keinginan anda, pilih group yang anda inginkan, beri password dan konfirmasi password yang telah anda buat > Apply > OK.

3. Dan inilah hasilnya.

4. Mari kita cek !


5. Selesai.


F. Kesimpulan

G. Penutup
    Cukup disini dulu ya sobat, mohon maaf apabila ada salah kata.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Post a Comment

0 Comments