Recent Posts

header ads

Konfigurasi NTP Client

Assalamu'alaikum Wr.Wb.



    Hai pemirsa hehehe, jumpa lagi dengan saya Lina. Sebelumnya telah saya bahas mengenai cara agar dapat terhubung ke internet. Nah, kali ini saya akan membahas mengenai NTP (Network Time Protocol). Waktu pada perangkat MikroTik sangat penting keberadaannya, karena di beberapa router membutuhkan settingan waktu yang tepat. Kenapa menggunakan NTP? Karena pada router MikroTik tidak mempunyai baterai CMOS, maka setiap saat router di reboot waktu pada routerboard akan kembali ke pengaturan default yaitu kembali ke tahun 1970.
    NTP merupakan protocol yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi waktu terhadap perangkat jaringan NTP Server. NTP menggunakan port 123 UDP. Sebelum mengkonfigurasikannya terlebih dahulu kita harus tau IP dari NTP Server yang nantinya
akan menyesuaikan waktunya dengan NTP Server tersebut. Di Indonesia terdapat NTP server khusus yaitu www.id.pool.ntp.org dan harus terhubung dengan internet terlebih dahulu.
Untuk settingannya seperti berikut ini:
    • System> SNTP Client. Kita aktifkan, dengan mencentang Enabled.


Nah, untuk konfigurasinya seperti gambar diatas,  aktifkan NTP dengan centang Enabled, kemudian atur modenya menjadi Unicast. Atur IP NTP Servernya, bisa menggunakan:
  • id.pool.ntp.org
  • pool.ntp.org
  • ntp.nasa.gov
     Untuk pembuktiannya, bisa kita cek pada System > Clock. Sekarang kita tak perlu memikirkan akurasi waktu yang ada pada routerboard kita lagi.



     Sekarang waktu pada perangkat routerboard kita tak akan kembali ke pengaturan default (ke tahun 1970) selama masih sinkron dengan NTP server khusus yang dimiliki Indonesia (www.id.pool.ntp.org).

     Saya akhiri sampai disini dulu ya. Apabila ada salah saya mohon maaf dan sampaikan kritik dan saran anda untuk saya, melalui comment dibawah ini.

Referensi
E-book Jobsheet MTCNA
Modul MikroTik MTCNA-Rifqi



Wassalamu'alaikum Wr.Wb

    



Post a Comment

0 Comments