Recent Posts

header ads

Web Server || Apa itu Web Server?


Assalamu'alaikum Wr.wb







     Hallo teman-teman, bertemu lagi dengan saya Lina. Nah, pada artikel kali ini saya akan sharing mengenai Web Server. Nah, kalian sudah mengerti belum tentang web server? Kalau belum mari kita simak pembahasan berikut.

     Web Server adalah software yang memberikan layanan berbasis data dan berfungsi menerima permintaan dari HTTP atau HTTPS pada klien yang biasanya kita sebut dengan web browser (Mozilla Firefox, Google Chrome, dll). Dan untuk mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman web yang akan berbentuk dokumen html.

Web server memiliki 2 pengertian yang beda:

1. Sebagai hardware

Fungsi web server digunakan sebagai tempat menyimpan semua data (html dok, gambar, file CSS stylesheets, dan file JavaScript).

2. Sebagai software

Digunakan sebagai pusat kontrol untuk memproses permintaan yang diterima dari browser.

Fungsi utama web server untuk mentransfer berkas atas permintaan pengguna melalui protokol komunikasi yang sudah ditentukan.

Contoh dari web server:

1. Apache Web Server



2. Apache Tomcat


3. Microsoft windows Server 2003 Internet Information Services (IIS)

4. Lighttpd


5. Sun Java System Web Server


6. Xitami Web Server


7. Zeus Web Server


8. Nginx Web Server

      
Nah, kesimpulannya yaitu semua yang berhubungan dengan website juga berhubungan dengan web server, dikarenakan tugas dari web server adalah mengatur semua komunikasi yang terjadi antara browser dengan server untuk memproses sebuah halaman website.
     Oke teman-teman, sampai disini dulu ya perjumpaan kita pada hari ini. Apabila ada salah kata saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Saran dan kritik dari anda saya tunggu. Good Luck !



Referensi









Wassalamu’alaikum Wr.Wb

Post a Comment

1 Comments

  1. Kami menyediakan paket toko online, company profile, ukm, sekolah.

    https://16pixel.id
    Jasa Website Profesional

    ReplyDelete