Recent Posts

header ads

Belajar Membuat Jaringan Sederhana




Assalamu'alaikum wr.wb






Persiapan 
 

Mengulas kembali mata pelajaran di SMK N 1 JOGONALAN yaitu Teknologi Layanan Jaringan . Kali ini saya akan sharing tentang membuat jaringan sederhana. Disini saya menggunakan Packet Tracer 7.2 berbeda dengan waktu saya di sekolah, di sekolah saya menggunakan Packet Tracer 5.1 .Dalam contoh ini saya akan menggunakan 3 buah workstation dan 1 switch. Tiap node dihubungkan dengan kabel sehingga terlihat seperti gambar dibawah ini.


 



Jika kedua titik pada garis belum berwarna hijau, berarti tiap node tersebut belum terkoneksi




Kemudian konfigurasi ip address host PC0 dengan cara double-click gambar PC0, selanjutnya klik tab desktop dan pilih menu IP Configuration 



 
PC 0
PC 1
PC 2
Ip address : 192.168.10.1 Ip address : 192.168.10.2 Ip address : 192.168.10.3
Subnet Mask : 255.255.255.0 Subnet Mask : 255.255.255.0 Subnet Mask : 255.255.255.0
Default Gateway : 0.0.0.0 Default Gateway : 0.0.0.0 Default Gateway : 0.0.0.0
DNS Server : 0.0.0.0 DNS Server : 0.0.0.0 DNS Server : 0.0.0.0

 
Melakukan PING


Untuk menguji koneksi antara tiga node tersebut menggunakan utilitas “ping”. Untuk memulai ping dari PC0 menuju PC1, double-click PC0 kemudian pilih tab desktop, selanjutnya pilih menu Command Prompt 


 
Lakukan “ping” dengan cara ketik : ping [ip_address_tujuan].





 KESIMPULAN
 
Dari hasil percobaan yang dilakukan, dapat diambil kesimpulan bahwa:
1. Workstation PC0 , PC1 dan PC2 baru dapat terhubung jika IP address kedua workstation telah
dikonfigurasi dengan baik dan benar.
2. Untuk menguji konektivitas antar node dapat menggunakan perintah “ping”. Hasil
output perintah ping ada berbagai macam. Yaitu: Reply, Request Timed Out, dan
Destination Host Unreachable.

Sekian yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf apabila ada kesalahan dan kalimatnya kurang jelas . Semoga bermanfaat bagi kita semua.


Wassalamu'alaikum wr.wb.





Post a Comment

0 Comments