Recent Posts

header ads

Hari Pertama di BLC Telkom

Assalamu'alaikum wr.wb

Sebelumnya perkenalkan saya LINA RAMADHAN siswi dari SMK N 1 JOGONALAN KLATEN . Disini saya akan sharing pengalaman saya dihari pertama PKL di BLC Klaten.
Hari ini , tepatnya hari Jum'at tanggal 14 Desember 2018 kami resmi memulai aktivitas di BLC Telkom Klaten. Hari pertama di BLC Telkom Klaten, saya dan teman-teman agak canggung saat akan memasuki suatu ruangan yang didalamnya banyak teman-teman PKL dari sekolah lain. Saat kami memasuki ruangan saya dan teman-teman disambut dengan baik oleh teman-teman yang berada di ruangan tersebut. Saya merasa cukup akrab dengan teman-teman yang ada di BLC Klaten. Hari pertama di BLC Klaten saya dan teman-teman sharing dan berbincang-bincang sedikit tentang asal, nama, dll. Setelah istirahat kami pendatang baru diminta untuk memperkenalkan diri dihadapan semua teman-teman dan diberi pertanyaan dari teman-teman yang ada di BLC. Setelah teman-teman memberikan beberapa pertanyaan kepada kami, kemudian kami diberikan kesempatan untuk bertanya .


Setelah sesi perkenalan dan tanya jawab, kami memulai untuk menginstal suatu sistem operasi yaitu Linux . Sistem operasi yang saya instal adalah Linux Mint 19.1. Untuk pertama kalinya saya instal Linux, saya agak bingung dan saya sedikit belum paham.
Adapun langkah-langkahnya :
1. Tancapkan flashdisk yang berisi linux kemudian restart laptop dilanjutkan tekan tombol untuk masuk kemenu boot. kemudian pilih start linux mint.

2. kemudian pilih bahasa
3. Disini bisa memilih untuk menginstal aplikasi saat instalasi

4. Pilih continue dan something else
5. buat partisi root

6. kemudian partisi swap
 7. setelah partisi selesai kemudian install now

8. pilih lokasi anda (karna kita di Jawa kita pilih Jakarta)
9. pilih keyboard layout
10. isi username dan password untuk masuk ke linux kemudian continue
11. tunggu hingga proses copy file selesai
12. pilih restart now
14. pilih linux mint
15. instalasi selesai

Setelah saya melihat dan mencoba akhirnya laptop saya terinstal Linux. Setelah instal Linux selesai , saya dan teman-teman membuat sebuah blogger. Di tempat ini banyak teman-teman yang sudah menyelesaikan tugasnya kemudian satu persatu dipresentasikan didepan (apa yang dipelajari dan dipahami kemudian disalurkan pengetahuannya).

Sekian dari saya jika kurang berkenan saya mohon maaf.
Wassalamu'alaikum wr.wb.

Post a Comment

0 Comments