Recent Posts

header ads

OSI LAYER BESERTA PENERAPANNYA

Assalamu’alaikum Wr. Wb.




A. PENDAHULUAN
       Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi ilmu dan pengalaman saya / kegiatan apa saja yang sudah saya lakukan seharian ini tadi.

B. LATAR BELAKANG
       Karena ingin memperdalam mengenai dasar jaringan (network). Yaitu memperdalam lagi tentang OSI Layer beserta penerapannya.

C. MAKSUD DAN TUJUAN
  • Agar lebih paham mengenai OSI layer, apa saja fungsi yang terdapat pada OSI layer.
  • Mengetahui penerapan apa saja yang dapat diterapkan dari OSI layer.
  • Dan memperdalam wawasan mengenai dasar jaringan.
D. PEMBAHASAN

       OSI memiliki 7 lapisan, dimana setiap layernya memiliki fungsi yang berbeda-beda, yaitu application , presentation , session , transport , network , datalink , dan apllication . Layer OSI dibagi menjadi dua bagian, yaitu upper layer (aplikasi, presentasi, dan session) dan lower layer (transport, network, data link dan physical). Pada setiap layernya bersifat self-contained, artinya fungsi yang diberikan ke setiap layer dapat diimplementasikan / diterapkan secara independent, maksudnya adalah update fungsi suatu layer tidak akan berpengaruh ke layer yang lainnya, namun setiap fungsinya spesifik dan mendukung layer diatasnya dan menawarkan service untuk lapisan yang ada dibawahnya.
       Nah, pada kali ini saya akan sharing apa yang telah saya dapatkan pada hari ini tadi, salah satu diantaranya yaitu penerapan layer application pada OSI layer. Bagi teman-teman jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) OSI layer berfungsi untuk lebih memahami back-end. Pengertian Back-end sendiri adalah  istilah halaman belakang pada situs bersistem CMS ( Content Managemen System ) . Yang memungkinkan seseorang dapat masuk sebagai administrator dan melakukan perubahan informasi dalam website mereka.
       Sebelumnya yang akan saya bahas selanjutnya adalah penerapan layer application. Application layer adalah lapisan yang menyediakan interface antar aplikasi yang digunakan untuk melakukan komunikasi didalam jaringan, membantu mengirim dan menerima pesan yang dikirimkan didalam jaringan tersebut. Ini dinamakan protokol jaringan yang mengatur tugas-tugas tertentu dalam suatu jaringan internet.
       Pada layer application ini biasanya banyak terdapat software aplikasi , software aplikasi yang dimaksud disini adalah software aplikasi pembawa data. Secara umum 7 lapis OSI layer ini pengkonversiannya pada setiap lapisan adalah : Physical (fisik/perangkat yang akan digunakan), Data Link (Mac Address), Network / Jaringan (IP address), Transport (port yang digunakan), Session (berhasil/tidaknya), Presentation (existensi), Application (Aplikasi yang akan dijalankan). Salah satu software aplikasi yaitu Web Server . Apa itu Web Server ? Mari kita simak penjelasan berikut .Web Server adalah hardware/software yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP / HTTPS. 

       Nomor port yang digunakan pada Web Server yaitu nomor 80. Perbedaan dari Web Browser dengan Web Server itu apa sih ? Jadi Web Server adalah yang menyediakan layanan di server sedangkan Web Browser adalah pengguna aplikasi dari layanan tersebut.
 
E. TEMUAN PERMASALAHAN
                      -

F. KESIMPULAN
       Jadi OSI layer memiliki fungsi diantaranya yaitu untuk membantu perancangan jaringan dari tiap-tiap layer yang berhubungan dengan aliran komunikasi data.  
 
G. REFERENSI
     https://dosenit.com/jaringan-komputer/teknologi-jaringan/application-layer-jaringan-komputer 
     http://ninasusilawati19.blogspot.com/2016/10/7-osi-layer-fungsi-dan-penerapannya.html
     https://id.wikipedia.org/wiki/Server_web  

H.PENUTUP
       Sekian yang dapat saya sampaikan, jika ada salah-salah kata / gambarnya kurang jelas saya mohon maaf, dan semoga sharing yang saya post ini dapat bermanfaat dan membantu anda semua. 




Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Post a Comment

0 Comments